Untuk Para Pecinta Sepeda, Ini 5 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi Corona

untuk-para-pecinta-sepeda-ini-5-tips-aman-bersepeda-di-tengah-pandemi-corona

Untuk Anda yang suka bersepeda, masa isolasi mandiri dan himbauan untuk di rumah saja membuat Anda tidak bisa bersepeda seperti biasanya. Jika biasanya Anda bersepeda bersama teman-teman komunitas, kini Anda harus menjaga jarak dengan mereka. Tidak sedikit pula pecinta olahraga ini yang memilih menggunakan trainer sepeda agar tetap bisa melakukan hobinya meskipun di rumah saja.

Read More

Sebenarnya, bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang aman dilakukan di tengah wabah corona ini. Beberapa manfaat bersepeda selama pandemi corona, yaitu:

1. Alat transportasi untuk menghindari transportasi publik

2. Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh

3. Menanggulangi stres yang mungkin muncul selama di rumah saja

Tidak ada yang melarang Anda untuk bersepeda. Namun Anda juga wajib mengikuti himbauan dari pemerintah, seperti physical distancing, memakai masker selama berada di luar ruangan, dan cuci tangan dengan sabun setelah bersepeda

Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

Selain mematuhi himbauan yang sudah diberikan pemerintah, Anda juga sebaiknya mematuhi anjuran bersepeda di tengah wabah corona berikut ini:

1. Solo ride

Anda disarankan untuk solo ride atau bersepeda seorang diri. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari risiko tertular Covid-19 dari orang lain. Walaupun Anda ingin bersepeda bersama orang lain agar lebih mengasikkan, Anda bisa mengajak satu teman dan sebaiknya tidak lebih dari satu. Jangan lupa juga untuk jaga jarak jika Anda memilih bersepeda bersama teman.

2. Gunakan peralatan milik sendiri

Anjuran kedua adalah menggunakan peralatan milik sendiri, mulai dari sepeda, helm, hingga perlengkapan lainnya. Hal ini juga dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona akibat penggunaan barang bersama orang lain.

3. Jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh

Usahakan untuk bersepeda di lingkungan sekitar saja. Anda tidak perlu menempuh jarak yang jauh atau hingga keluar kota. Apalagi jika kota tersebut memiliki banyak pasien yang positif Covid-19.

4. Tidak perlu melakukan gathering

Jika biasanya Anda melakukan gathering atau kumpul-kumpul sebelum dan sesudah bersepeda, kini Anda tidak perlu melakukannya. Dengan berkumpul, Anda meningkatkan risiko diri terpapar virus corona. Untuk itu, segera pulang setelah bersepeda dan bersihkan diri.

Cuci tangan pakai sabun. Jangan sentuh apapun terlebih dahulu dan segera mandi. Rendam pakaian yang Anda gunakan tadi. Jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan bersepeda dengan cairan desinfektan agar steril.

5. Bersepeda di rumah saja

Bersepeda merupakan aktivitas luar ruangan. Pertanyaannya, bisakah Anda bersepeda di rumah saja? Jawabannya, sangat mungkin. Bukan menggunakan sepeda fitness atau spinning bike, melainkan menggunakan sepeda yang biasa Anda gunakan untuk bersepeda.

Untuk melakukannya, Anda perlu peralatan bernama trainer sepeda. Alat ini memungkinkan Anda untuk bersepeda di dalam rumah karena sifatnya yang statis. Sensasi yang diberikan pun sama dengan bersepeda di jalanan. Hanya berbeda pemandangannya saja. Biasanya, alat trainer ini digunakan untuk pemanasan para atlet sebelum balapan.

Dengan mematuhi anjuran yang ada, Anda bisa tetap bersepeda dengan aman di tengah pandemi corona. Yang paling penting adalah tidak bersepeda bersama-sama dengan banyak orang dan tetap menjaga jarak. Anda disarankan untuk solo ride. Namun akan lebih baik jika Anda tidak keluar rumah dan bersepeda di rumah saja dengan trainer sepeda. Dengan cara ini, Anda akan tetap aman, tetap sehat, dan tidak membuat Anda berisiko tinggi terpapar virus corona.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *