Tips Kontrol Kesehatan Penyakit Kronis Selama Masa Pandemi dari SehatQ.com

tips-kontrol-kesehatan-penyakit-kronis-selama-masa-pandemi-dari-sehatq-com

Pandemi virus corona telah melanda Indonesia sejak awal hingga pertengahan tahun 2020. Sudah hampir enam bulan sejak kasus pertama virus corona, angka kenaikan pasien virus corona terus meningkat lebih dari 100 ribu jiwa. Tidak adanya kepastian kapan virus corona akan berakhir membuat semua orang harus menjaga diri dengan baik. SehatQ.com merekomendasikan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kronis tetap melakukan kontrol kesehatan baik online atau datang ke rumah sakit.

Read More

5 cara aman kontrol kesehatan ke rumah sakit

Jika kondisi tidak begitu membutuhkan perawatan maksimal, sebaiknya hindari bepergian atau melakukan kontrol kesehatan ke rumah sakit. Risiko melakukan kontak langsung dengan orang-orang di rumah sakit memiliki potensi penularan virus corona yang tak kalah besar. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan online saja.

Namun, apabila Anda membutuhkan perawatan dan penanganan kesehatan serius, pastikan menerapkan prosedur pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang aman berikut :

1. Menggunakan masker yang aman

Masker bedah menjadi masker paling efektif dalam menangkal virus corona. Tetapi pasien bisa menggunakan masker dari bahan katun dengan lapisan tambahan tisu untuk mencegah penularan droplet virus corona hingga 60-70 persen. Sebelum berkunjung ke rumah sakit, pastikan untuk mengecek pemakaian masker dengan benar yaitu menutup seluruh hidung, mulut dan dagu secara rapat.

2. Menggunakan face shield

Selain pemakaian masker, jangan lupa untuk menambahkan alat perlindungan diri yang cukup efektif yaitu kacamata pelindung. Face shield memiliki fungsi mencegah penularan droplet saat Anda berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain termasuk tim medis. Mengingat tim medis lebih rentan menjadi ODP karena interaksi harian dengan pasien.

3. Membawa hand sanitizer dan rajin cuci tangan

Sebaiknya Anda membawa hand sanitizer di dalam tas saat bepergian ke rumah sakit. Selain menggunakan hand sanitizer, Anda juga bisa mencuci tangan begitu tiba di kawasan rumah sakit atau setelah menyentuh permukaan benda-benda di tempat umum. Untuk Anda yang bepergian ke rumah sakit menggunakan kendaraan umum, pastikan untuk menjaga kesehatan diri lebih waspada.

4. Menjaga jarak dengan pasien lain

Saat menunggu antrian, pastikan Anda mematuhi aturan protokol kesehatan untuk menjaga jarak minimal 1 meter. Jaga jarak selama pemeriksaan akan mencegah penularan virus corona lebih efektif.

5. Menjaga kesehatan diri

Bagi penderita penyakit kronis yang harus periksa kesehatan setiap bulan, sebaiknya menjaga kesehatan diri dengan baik. Terlalu khawatir dengan penularan virus corona yang cepat bisa membuat tingkat imunitas tubuh menurun. Orang yang mengalami penurunan daya imun tubuh lebih rentan tertular penyakit.

Jaga kekebalan tubuh Anda selama berada di rumah dengan konsumsi makan yang sehat, olahraga yang rajin, istirahat cukup, dan kelola stress. Daya tahan tubuh yang baik akan membuat Anda bisa melakukan aktivitas harian di rumah lebih optimal. Pemeriksaan di rumah sakit pun bisa berjalan dengan lancar hingga Anda kembali ke rumah.

Ada baiknya Anda menggunakan fasilitas konsultasi dan pemeriksaan online di SehatQ.com sekarang juga. Anda bisa booking dokter atau jadwal kunjungan ke rumah sakit sehingga tidak perlu antri lama-lama. Penyakit kronis bisa tetap mendapatkan pemeriksaan selama masa pandemi tanpa perlu khawatir bakal tertular virus corona.

Jika Anda tidak betul-betul perlu melakukan pemeriksaan rutin, bisa menjaga kesehatan diri di rumah saja. Pembatasan aktivitas bisa menekan penularan virus corona yang bisa memberikan dampak serius bagi penderita penyakit kronis. Bila Anda butuh obat atau suplemen tambahan, bisa memesan produk di toko kesehatan. Toko SehatQ menyediakan obat-obatan, vitamin dan suplemen yang langsung diantar ke rumah Anda. Lebih praktis dan mudah, bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *