4 Menu Asupan Sehat untuk Balita 3-5 Tahun

4-menu-asupan-sehat-untuk-balita-3-5-tahun

Bagi Anda yang baru saja menjadi orang tua, mungkin merasa kebingungan dengan asupan makanan yang harus diterima balita usia 3-5 tahun. Menu makanan balita yang sehat penting sekali didapatkan untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Dalam hal ini, Anda dapat mengkreasikan berbagai menu dengan memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Misalnya, Anda dapat membuat SGM untuk si kecil dengan tambahan sayuran atau buah-buahan, sehingga kandungan nutrisinya benar-benar terpenuhi.

Read More

Menu Asupan untuk Balita

Makanan sehat bisa dengan mudah Anda dapatkan di supermarket atau pasar modern. Dengan makanan sehat ini Anda tidak perlu merasa bingung lagi terkait menu asupan yang baik untuk si kecil. Anda hanya perlu memastikan dengan jeli ketika memilih bahan makanan yang sehat dan penuh manfaat bagi tumbuh kembangnya. Nah, berkaitan dengan menu asupan yang sehat tersebut, rekomendasinya dapat Anda perhatikan pada uraian di bawah ini.

  1. Jus Lemon dan Madu

Minuman yang terbuat dari perasan air lemon dengan tambahan madu ini dapat Anda berikan kepada si kecil dalam keadaan hangat. Anda dapat memberikannya ketika si kecil akan mulai beraktivitas. Kandungan gizi yang terdapat di dalam lemon dan madu dapat membantu tumbuh kembang si kecil secara sehat. Menu asupan ini pun dapat Anda konsumsi bersama keluarga, karena bagus juga untuk kesehatan semua usia..

  1. Oats dan Susu di Pagi Hari

Oats merupakan salah satu makanan paling sehat yang direkomendasikan dokter anak untuk dikonsumsi si kecil. Oats dapat menjadi pilihan makanan si kecil setiap pagi. Tekstur oats yang lembut membuatnya mudah dicerna oleh organ tubuh si kecil jika dibandingkan dengan makanan lain. Selain itu, oats memang aman dikonsumsi untuk anak-anak.

Untuk menambah kandungan gizi, Anda dapat menyajikan oats dengan susu setiap pagi. Menu asupan yang kedua ini dapat membantu si kecil semakin berenergi sebelum memulai aktivitas pagi. Oats juga dapat menjadi salah satu bahan cemilan sehat untuk dikonsumsi si kecil pada siang dan malam hari.

  1. Makanan yang Terbuat dari Telur

Sejauh ini balita 3-5 tahun menyukai telur dadar sebagai makanan pembuka di pagi hari. Telur yang kaya akan protein ini sangat penting bagi tumbuh kembang si kecil. Kandungan protein ini dapat mendukung aktivitas sehari-hari si kecil, apalagi kalau anak Anda menyukai aktivitas outdoor seperti olahraga. Olahan telur seperti telur dadar yang lebih sehat dapat ditambahkan dengan potongan sayur yang menyehatkan. Campuran kedua makanan tersebut memberi manfaat yang banyak untuk tubuh si kecil, selayaknya SGM.

  1. Sayuran dan Biji-bijian

Sayuran hijau dengan kandungan vitamin dan mineral akan sangat baik bagi tumbuh kembang si kecil. Begitupun dengan biji-bijian yang sangat berguna dalam memberikan asupan sehat pada tubuh anak. Contoh asupan makanan yang dapat Anda berikan ialah tauge yang memiliki kandungan protein tinggi.

Untuk menambah nafsu makan si kecil, Anda dapat mengkreasikan makanan dari olahan sayuran dan biji-bijian sesuai dengan resep yang disukai anak. Misalnya Anda bisa mengolah bubur kacang hijau, tumis sayuran hijau, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa menu asupan bergizi yang dapat Anda coba untuk balita 3-5 tahun. Di samping makanan di atas, Anda juga bisa mencoba menu SGM yang diketahui memiliki kandungan vitamin dan gizi yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Pada intinya, berilah makanan sehat agar si kecil memiliki tubuh yang sehat dan kuat serta terhindar dari penyakit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *